Blog dari pribadi Anak Kijang

Personal Blog of Child Deer

Persönlicher Blog von Child Deer

Utama

Selasa, 04 Oktober 2011

Mesin Pemanen Padi


Padi yang siap dipanen adalah harta bagi para petani. Memanen padi adalah salah satu hal yang sangat penting di Indonesia. Sayangnya cara pemanenan padi yang masih tradisional menggunakan parang/arit cukup membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar. Oleh karena itu mesin pemanen padi ini dibutuhkan untuk menanggulangi masalah tadi.

            Mesin pemanen padi ini terbuat dari mesin pemotong rumput dorong yang dimodifikasi. Pertama, mesin utama yang berbahan bakar bensin dimodifikasi menjadi mesin berbahan bakar bio-fuel sehingga lebih mengefisienkan bahan bakar. Kedua, kecepatan putaran pisau pemotong disesuaikan agar ketika digunakan tidak merusak tanaman padi ataupun membuat tanaman padi yang dipotong terlontar tak tentu arah dan menempatkan pisau pemotong di bagian depan mesin. Ketiga, di atas mesin pemotong dilengkapi tempat penyimpana untuk tempat penyimpanan tanaman padi yang terpotong oleh pisau pemotong dilengkapi permukaan karet yang bisa bergerak untuk menaikkan tanaman padi itu. Keempat, alas dari mesin ini diubah dari roda menjadi boat-boat kecil agar mesin tidak tenggelam di medan yang berlumpur ketika didorong.
Ketika mesin ini didorong, pisau pemotong akan memotong tanaman padi yang ada didepannya. Setelah berhasil terpotong, tanaman itu akan dinaikkan oleh alat penggerak agar dapat mencapai tempat penyimpanan. Karena mesin ini bekerja dengan otomtis, sistem kerja alat ini cukup sederhana dan membuat para petani dapat menggunakannya.

1 komentar:

  1. Contoh alat pembuatannya modifikasi ada apa tidak sob, kalau ada tolong di kirim ke email mwyudi25@yahoo.com

    BalasHapus